Ibu dan AnakDeretan Permainan Seru yang Bisa Dilakukan di Luar Rumah

Deretan Permainan Seru yang Bisa Dilakukan di Luar Rumah

Dummy

Siapa yang pulang sekolah habis makan langsung main angkat tangan? Hayo, boleh, kok jika Anda membiarkan anak Anda langsung bermain setelah mereka pulang dari sekolah dan makan. Masa anak-anak bukankah masa yang paling bahagia bagi mereka. Tapi, jangan biarkan mereka terus-terusan berada di dalam rumah, ya!

Bermain di dalam rumah kurang membentuk karakter mereka. Terlebih jika mereka hanya bermain gadget saja. Nah, Anda bisa memperkenalkan kembali deretan permaian tradisional namun seru yang bisa dimainkan di luar rumah ini pada anak Anda. Anda bisa bernoltalgia sekaligus! Bagaimana?

  1. Petak Umpet

Permainan ini bisa dibilang sangat populer di semua belahan dunia. Mainnya cukup mudah, hanya perlu satu penjaga yang harus mencari teman-temannya yang bersembunyi sampai ketemu semua. Tapi, Anda –penjaga- harus hati-hati, jangan sampai ada teman yang menyentuh benteng. Bisa-bisa Anda menjadi penjaga lagi.

  1. Tak Jongkok

Permainan ini cukup simpel untuk dipraktikkan. Intinya, Anda hanya harus kejar-kejaran dengan pemain lain yang dalam hal ini adalah anak Anda sampai Anda berhasil menyentuhnya. Siapa yang berhasil disentuh, maka dialah yang jadi kucing atau pengejar selanjutnya. Permainan ini mengajarkan agar anak Anda bisa gesit dalam bergerak.

  1. Gobak Sodor

Permainan yang satu ini biasanya dilakukan secara berkelompok. Permainan ini bisa melatih anak Anda untuk berpikir kritis dan strategi, lho! Dalam permainan ini, akan ada 2 tim yang harus menjaga dan melewati tim penjaga. Tugas tim penjaga adalah menjaga agar tim lawan tidak bisa lewat. Anda harus pintar-pintar berpikir supaya bisa lolos tanpa disentuh, ya!

  1. Layangan

Permainan yang satu ini sampai sekarang masih sangat populer di kalangan anak laki-laki. Anda juga bisa mengajarkan bermain layangan pada anak Anda. Bahkan, bila Anda bisa membuatnya sendiri, Anda juga bisa mengajarkannya pada anak Anda dan membiarkan mereka menghiasnya sendiri. Jika sudah jadi, tinggal terbangkan!

  1. Sumpitan

Permainan tradisional selanjutnya yang seru dimainkan di luar rumah adalah sumpitan. Permainan ini bisa membuat anak Anda kreatif karena membuat sumpitannya sendiri. Caranya, Anda cukup mengambil batang bambu muda kecil lalu bolongin isinya. Bagian depan berfungsi sebagai laras sedangkan bagian depan berfungsi sebagai pemicu.

Anda bisa mengajak anak Anda main perang-perangan sepuasnya dengan alat ini. Untuk pelurunya, pilih yang aman saja, ya! Seperti menggunakan kertas basah atau biji buah jambu air yang tidak terlalu sakit jika terkena tubuh.

  1. Ular Naga

Permainan yang satu ini sangat asik bila dilakukan beramai-ramai. Tak peduli laki-laki ataupun perempuan, semua boleh ikut dalam permainan ini. Cara bermainnya, Anda hanya perlu mengajarkan pada anak untuk berputar-putar melewati lorong yang dibuat dua anak penjaga sambil bernyanyi membentuk ular yang panjang sampai lagu berakhir.

  1. Engklek

Permainan tradisional selanjutnya yang asik dilakukan di luar ruangan adalah engklek. Permainan ini bisa melatih keseimbangan dan ketangkasan anak Anda karena harus melompat dengan satu kaki. Bilang untuk berhati-hati pada anak Anda, ya! Jangan sampai terjatuh. Bisa-bisa anak Anda jadi bahan tertawaan teman-temannya.

Itulah sederet permainan tradisional yang asik dilakukan di luar rumah. Sehabis bermain, biasanya tubuh anak akan lengket karena keringat. Tapi kini Anda bisa tenang karena sudah hadir perawatan tubuh anak DOREMI Thomas & Friends yang menjaga kesegaran anak Anda. Selain itu, melalui program #GreatAdventureAwaits dari DOREMI, anak Anda juga akan bermain dengan seru.

Categories: Ibu dan Anak

Comments

No Comments Yet. Be the first?

Post a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *